-->

2
Dies Natalis Unaki ke-22
Dies Natalis Unaki ke-22


Perguruan tinggi memiliki peran penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik. Dalam hal ini perguruan tinggi mampu melakukan peningkatan daya saing suatu bangsa. Penggunaan teknologi kini menjadi sasaran pemerintah agar indonesia menjadi Negara yang lebih maju. Pemerintah menanamkan nya salah satu nya melalui perguruan tinggi. Inovasi tersebut secara tidak langsung menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dikancah internasional. Menciptakan berbagai solusi untuk mengatasi persoalan yang dihadapi.
Dies Natalis Unaki ke-22Hubungan antara peningkatan daya saing bangsa dengan system pendidikan yang berorientasi technopreneurship. Perguruan tinggi dipercaya mampu untuk memberikan inovasi baru, kreativitas, dan semangat muda. Banyak sekali ide-ide yang muncul. Teknologi bisa menjadi pengembangan ide tersebut. Banyak sekali bisnis muda di indonesia, artis remaja indonesia pun juga memilih bisnis sebagai pekerjaan nya.
Penerapan technopreneurship dalam perguruan tinggi sendiri ini bertujuan agar produk-produk inovasi terbaru dari mahasiswa menjadi lebih maksimal dengan pemanfaatan teknologi. Ketika kita hanya berbisnis atau membuka sebuah toko. Tentu peminat nya akan lebih sedikit. Pengelolahan internet bisa jadi membuat bisnis anda meroket. Berikut contoh dari technopreneur di indonesia:
-Lazada.com , dimana lazada tidak hanya memasarkan produk nya di internet nya saja namun juga melalui media telivisi maupun media elektronik lain. Menayangkan iklan yang menghibur tentu akan mendapatkan poin penting. Ini salah satu inovasi baru.
-Tokopedia.com , sama seperti buka lapak produk tokopedia pun juga menghiasi layar kaca telivisi indonesia. iklan nya juga memberikan warna baru tanpa menjiplak iklan buka lapak. Ini artinya kreativitas anak indonesia sangat lah tinggi, tetapi agar hasil lebih maksimal teknologi tentu nya ikut campur tangan.
-Bukalapak.com , buka lapak memiliki cara lain agar produk nya sukses. Walaupun memang pemasaran seperti lazada dan tokopedia juga dilakukan oleh buka lapak. Memberikan sebuah kompetisi atau perlombaan terhadap pengguna buka lapak merupakan cara buka lapak semakin di minati masyarakat tentu nya menjadikan produk nya lebih popular. Pernah saya melihat perlombaan desain yang di adakan oleh buka lapak, saya tertarik perlahan-lahan saya menulusuri website buka lapak. Seketika saya terkejut ketika melihat persyaratan nya harus lah pelapak. Kemudian saya urungkan lah niat saya itu. Disitulah buka lapak menggait para pedagang agar menggunakan bukalapak.com sebagai toko nya. Tentunya mereka juga tergiur akan hadiah nya.
Nah kutipan tersebut bisa dicontoh mengapa penerapan system berorientasi technopreneur di perguruan tinggi. Pemerintah tentu nya lebih cerdas dengan bermunculannya technopreneur yang sukses dan bisa jadi daya saing. Dan mungkin nanti nya bisa mengalahkan amazone.con
“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas AKI dalam rangka memperingati Dies Natalis Unaki ke-22. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan”

Post a Comment

  1. Semangat ya...
    Saya suka sama pemuda yang penuh semangat mengejar kesuksesan,.
    :)

    ReplyDelete

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top