-->

7
Perangkat keras multimedia
image fr google

Perangkat keras atau yang sering dikenal di dunia komputer dengan sebutan hardware ini merupakan komponen computer yang sangat penting. Berbeda dengan software biasa nya hardware bisa kita pegang secara langsung. Nah kali ini admin mau share sedikit mengenai hardware namun yang berhubungan dengan multimedia. Perangkat keras yang dibutuhkan multimedia dapat dikelompokan menjadi lima, yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpanan dan perangkat komunikasi.
1. Perangkat konektor
  Beberapa perangkat computer , seperti monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat kebel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia. Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
a. Small computer system interface (SCSI)
SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara computer dan peripheral. SCSI biasa digunakan untuk harddisk.
b. Media control interface (MCI)
MCI merupakan perpankangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.
c. Intergrated drive electronic (IDE)
Atarmuka IDE merupakan standar untuk media penyimpanan yang terhubung ke computer.
d. Universal serial bus (USB)
USB merupakan standar bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard an memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan computer terlebih dahulu.
e. High-definition multimedia interface (HDMI)
HDMI adalah sebuah standar koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihan kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround Sound, control signal , bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.

2. Perangkat input
  Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh computer atau yang gampang diinget sebagai perangkat masukan informasi yang kemudian diolah oleh komputer. Beberapa perangkat input tersebut antara lain :
a. Keyboard untuk mengolah text .
b. Mouse, touchpad , touchscreen, trackball , lightpen merupakan perangkat pointing.
c. Perangkat input gambar dan video, webcam dan scanner
d. Perangkat input audio, microphone.

Baca Juga : Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) Pada Komputer

3. Perangkat output
  Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada pengguna. Perangkat output antara lain :
a. Speaker, untuk mengeluarkan suara
b. Monitor,  untuk menampilkan display baik berupa text, gambar, maupun video.
c. Printer, biasa nya untuk menghasilkan text atau gambar dalam bentuk cetakan.

4. Perangkat penyimpan
   Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa perangkat penyimpan tersebut antara lain :
a. Random access memory (RAM)
   RAM merupakan memori utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.
b. Read only memory (ROM)
   ROM bersifat non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan font.
c. Hardisk
   Hardisk merupakan perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.
d. Compact disk (CD)
   CD adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB
e. Digital versatile disk (DVD)
   DVD adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan data. Ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.


5. Perangkat komunikasi
   Aplikasi multimedia dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka. Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.

Post a Comment

  1. berbakat banget kalau jadi guru ini penjelasan perangkat keras detail banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk cuma share ilmu aja gan dari baca-baca materi pelajaran :v

      Delete
  2. Makasih ilmunya, bermanfaat bagi saya yang masih awam dengan teknologi.
    terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali sudah berkunjung :)

      Delete
  3. Replies
    1. tergantung sih gan ya kalau mau beli liat spesifikasi nya dulu yg sesuai dengan kebutuhan, saya pakai ram 2gb buat desain grafis kadang laptop panas ,

      Delete

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top