-->

11
Animasi komputer
Animasi komputer

Animasi komputer adalah Seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer. Animasi computer merupakan bagian dari bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi computer secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Proses pembuatan animasi awalnya melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka beban yang dikerjakan oleh para animator pun terkurangi.
Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan. Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital.
Animasi 2D terus dikonsumsi oleh para animator-animator dunia. Selain Disney, perusahaan lain yang menggunakan animasi 2D adalah Nickelodeon. Nickelodeon menciptakan beberapa film-film kartun, salah satu yang menjadi icon juga adalah SpongeBob Square Pants. animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995).
Sejarah Animasi Komputer , Dimulai awal tahun 1940-an dan 50-an, eksperimen dalam komputer grafis sudah dimulai, terutama oleh John Whitney. Animasi komputer dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll.

Prinsip Kerja Animasi Komputer , Animasi komputer menggunakan proses yang dikenal sebagai tweening, yang terlihat untuk mengurangi pekerjaan menggambar ratusan frame. Meskipun komputer menggantikan kebutuhan untuk menggambar setiap frame tunggal, hasil interpolasi tidak selalu seperti apa yang animator inginkan seharusnya. Jadi membutuhkan waktu yang lama untuk menguasai nya.

Baca juga : 12 prinsip ANIMASI 2D

Cara Pembuatan Kerja Animasi Komputer , Dibagi menjadi 3 proses yaitu dimulai dari proses Pra-produksi (konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard, dubbing awal, musik dan sound FX).
Selanjut nya proses produksi (lay out, key motion, in between, Background, scanning, dan pewarnaan).
Dan terakhir proses post-produksi (composite, editing, rendering, pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya)

Jenis Animasi Komputer , Animasi komputer dibagi dalam 2 tipe yaitu tipe 2 dimensi dan 3 dimensi.
1. Animasi 2 dimensi
   Dibuat dan diedit dengan menggunakan bitmap 2D atau menggunakan vektor 2D. Teknik ini meliputi versi komputer dari tweening (gerakan inbetween yang berfungsi sebagai penghalus suatu gerakan).
Morphing.
onion skinning (beberapa layer dengan gambar posisi berkesinambungan supaya ilusi gerak dalam dapat ditangkap).
dan rotoscope terinterolasi.
2. Animasi 3 dimensi
    Figur dibuat di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak diberikan rangka digital yang disebut rigging.

Post a Comment

  1. awal kenal komputer seneng banget sama animasi. bahkan sempat nyimpen file2 gif di media penyimpanan disket :D

    ReplyDelete
  2. kalau bikin animasi nya langsung susah ya gan :v

    ReplyDelete
  3. Animasi 3D saya pengen bisa gan.. ada tutorialnya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk object 3d sudah ada namun untuk animasi nya belum ada :)

      Delete
  4. Gampang gampang susah klo buat animasi mulai 2d maupun 3d nya

    ReplyDelete
  5. Gampang gampang susah klo buat animasi komputer dari 2d maupun 3d nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sih gan harus terbiasa oleh software , kalau saya mending gambar lewat komputer daripada pakai tangan malah absurd :v

      Delete
  6. Baru bisa bikin pake Macromedia :v

    ReplyDelete
  7. pembelajaran sangat berarti sekali gan thanks infonya

    ReplyDelete

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top