-->

19
maaf ilustrasi pake kamera jadul

Sobat blogger pernah denger kata fotografi dalam kehidupan sehari-hari? Kalo saya sih iya sering hampir tiap hari denger. Sekarang kita bakal bahas mengenai  fotografi  dimulai dari pengertian nya dulu. Kebanyakan soal uts yang pertama kali ditanya adalah pengertian dari fotografi atau apa itu fotografi :v kalo disekolah admin sih gitu, ehehe..
Pengertian Fotografi
Fotografi itu diambil dari bahasa yunani yang terdiri dari 2 kata, yaitu Fotos yang memiliki arti sinar atau cahaya, dan Grafos yang memiliki arti gambar. Istilah umum fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari sebuah objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Untuk mengatur cahaya seorang fotografer bisa dengan mengatur ISO dan diagframa (aperture), dan penggunaan filter.

Beberapa Jenis Fotografi
1.       Landscape Fotografi
Fotografi jenis ini biasa digunakan pada pemandangan yang indah saat kita sedang berjalan-jalan. Karena kita kecenderungan bisa memotret view yg lebih luas. Dan mengabadikan pemandangan yang indah itu.
2.       Wildlife Fotografi
Berfokus pada habitat alami hewan disebt fotografi satwa liar. Keseharian para hewan jadi objek potret bagi wildlife fotografi. Kalo kalian liat my animal family di indosiar(maaf gak disensor karena sebagai contoh dan bukan ajang promosi :v) seperti itulah kira nya . Jadi kita memfokuskan pada habitat alami hewan bisa mengenai perilaku nya. Kamera yang biasa digunakan adalah kamera tele. Wildlife fotografi itu membutuhkan kesabaran tingkat tinggi saat membidik objek.
3.       Sport Fotografi
Menangkap momen pada bidang olahraga. Misal sepak bola, kamera tele biasa nya juga digunakan pada sport fotografi. Membutuhkan banyak latihan karena objek selalu bergerak.
4.       Portrait Fotografi
Jenis fotografi ini sering sekali digunakan, biasanya penekanan ekspresi pada wajah. Tidak perlu dengan model professional. Seperti selfie yang lagi ngetrend sekarang, photo pas ktp, danmemotret anggota keluarga.
5.       Makro Fotografi
Biasanya memotret objek yang detail dan lebih dekat untuk mengkap gambar yang ingin ditonjolkan. Serangga , bunga , dan teksture dari sweater menjadi pilihan nya jika kalian ingin memotret dengan jenis ini.
Note : Soal ini juga sering muncul pas uts kelas 10 jadi wajib dipelajari :v
Penggunaan Filter
Dalam fotografi penggunaan filter berfungsi menyaring cahaya yang masuk sehingga menimbulkan efek-efek yang diinginkan. Pengggunaan nya biasanya dipasang diujung lensa. Bentuk filter ada dua yaitu kotak dan bulat. Untuk filter dalam bentuk kotak kita harus menambahkan ring khusus didepan lensa. Sedangkan filter dalam bentuk bulat kita harus memperhatikan diameter dari lensa yang digunakan. Macam-macam filter dan kegunaan nya antara lain :
1.filter UV, mengurangi sinar ultra violet.
2.filter soft, melembutkan objek
3.filter diffuser, lebih halus dari pada filter soft
4.filter cross, member efek silang pada sumber cahaya
5.filter PL, memekatkan warna dan menghilangkan refleksi
6.filter ND, mengurangi contrast
7.filter warna, member efek warna
8.filter muli image, member efek multi image
9.filter multi expose, untuk pemotretan multi expose
10.filter gradiasi, memberikan efek  gradiasi warna



Post a Comment

  1. Jadi tambah ilmu tentang fotografi gan.. lanjut lagi artikelnya gan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. gunakan sumber nya ya gan kalo mau copy

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat sekali untuk fotografi

    ReplyDelete
  5. Thank udah nambah wawasan ane mengenai fotografi, karna ane hoby juga jepret2 sana sini hehehe

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top