Animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat
secara visual. Pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer.
Materi selanjut nya kita bakal pakai computer tepat nya dengan menggunakan
aplikasi adobe flash professional.
Prinsip dasar animasi adalah Prinsip-prinsip yang digunakan
seorang animator untuk mengetahui dan memahami bagaimana sebuah animasi dibuat
sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil animasi yang menarik, dinamis dan
tidak membosankan. Prinsip dasar ini animasi ini sebenarnya paling pas
digunakan untuk animasi kartun. Thomas dan Ollie Johnston adalah
tokoh animator yang memberikan 12 prinsip animasi pada film animasi produksi Walt
Disney. Kalau kalian tahu karakter micky mouse itulah karakter oleh Thomas dan Ollie
Johnston yang akhir nya muncul lah 12 prinsip-prinsip animasi 2D dan dipakai
hingga sekarang.
Ada 12 prinsip animasi 2D diantara nya :
1.
Squash And
Stretch
Squash
and strecth adalah upaya penambahan
efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga -seolah-olah ‘memuai’ atau
‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
Contoh : bola mamantul, dan penambahan emosi pada
karakter
2.
Anticipation
Anticipation
adalah sebuah prinsip animasi dimana kita sebagai animator memberikan tanda
pada penontonmengenai apa yang akan dilakukan oleh si karakter.
Contoh
: ancang-ancang saat akan berlari
3.
Staging
Hal
ini berarti kita harus memastikan bahwa setiap gerakan, ekspresi, dan mood dari
si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan.
Contoh:
4.
Straight Ahead And Pose to Pose
Yang
pertama adalah Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara
seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal
sampai selesai seorang diri. Yang kedua adalah Pose to Pose, yaitu pembuatan
animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe
tertentu saja, selanjutnya in-between atau interval antar keyframe
digambar/ dilanjutkan oleh asisten/ animator lain.
Contoh
straight ahead :
Contoh
pose to pose :
5.
Follow
Through And Overlapping Action
Follow
through adalah tentang bagian tubuh
tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.
6.
Slow In And
Slow Out
Slow
in terjadi jika sebuah gerakan
diawali secara lambat kemudian menjadi cepat. Slow out terjadi jika
sebuah gerakan yang relatif cepat kemudian melambat. Dalam gerakan misalnya
mengambil gelas. Tangan akan memiliki kecepatan yang berbeda ketika sedang akan
menjamah gelas, dengan ketika sudah menyentuhnya. Ketika tangan masih jauh dari
gelas, tangan akan bergerak relatif cepat. Sedangkan ketika tangan sudah
mendekati gelas, maka secara refleks tangan akan menurunkan kecepatannya
(terjadi perlambatan) atau dalam konteks ini kita menyebutnya slow out.
7.
Arch
Dengan
Arcs, kita bisa membuat dimensi pada gerakan animasi kita, contoh membuat
kepala sedikit menunduk saat menolehkan kepala akan membuat gerakan tampak
lebih alami.
8.
Secondary
Action
Secondary
action adalah prinsip dimana ada gerakan sekunder yang terjadi akibat adanya
gerakan utama.
Contoh
:
gerakan utamanya adalah orang itu sedang berlari, sedangkan gerakan
sekundernya adalah topi santa clausnya yang bergerak. Jadi topi itu baru ikut
bergerak karena disebabkan oleh gerakan utamanya, inilah yang dimaksud dengan
secondary action.
9.
Timing
Timing
adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, sementara
spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari
bermacam-macam jenis gerak.
Contoh
Timing: Menentukan pada detik keberapa sebuah bola yang meluncur kemudian
menghantam kaca jendela.
10.
Appeal
Appeal
adalah tentang bagaimana kita membuat karakter kita menjadi menarik dan tidak
selalu harus yang lucu seperti yang banyak orang pikirkan.
11.
Exaggeration
Exaggeration
adalah upaya untuk mendramatisir
sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis. Dibuat
untuk menampilkan ekstrimitas ekspresi tertentu, dan lazimnya dibuat secara
komedik. Contoh: 1) Bola mata Tom yang ‘melompat’ keluar karena kaget, 2)
Muka Donald yang membara ketika marah, 3) Air mata Nobita yang mengalir seperti
air terjun ketika menangis.
12.
Solid
Drawing
Solid
Drawing adalah kemampuan untuk menggambar karakter dalam berbagai angle
sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame
animasi.
Itulah
ke 12 prinsip-prinsip animasi 2D semoga bermanfaat sobat blogger.
mantap tambah ilmu nih :D hehe
ReplyDeleteMntep nih sis
ReplyDeletewah menarik juga ya gan (y) x-)
ReplyDeletemantap informasinya gan (y)
ReplyDelete