-->

5
Seperti kata saya yang kata nya jago bikin game diunity (baru katanya tapi udah sombong :v) tapi admin disini gak mau sombong :v langsung aja ya admin gak usah panjang lebar. Dan ngomong-ngomong admin kok bahasa nya tidak formal :v maaf terbawa suasana :v

1.      1, Silahkan kalian buka dahulu unity kalian 
.Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula 

Dan kita pilih project baru dengan cara klik new project

1.   2,  Maka akan muncul tab baru seperti ini :
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula

Ket :       kita isi tab pertama dengan nama game kita
                Kedua dengan browser tempat nyimpan file game kita nanti
                Dan kali ini kita pilih 2d karena game kita bertema kan 2d
                Setelah itu create project
1.       3, Oke untuk langkah selanjut nya adalah klik kanan pada asset >> create >> folder  , disini kita akan buat folder yang nanti nya akan terlihat lebih rapi.
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula
1.      4,  Nah hasil nya akan seperti dibawah ini . kita rename dan ganti menjadi sprite yang nanti nya berisi gambar atau object kita.

Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula


1.      5,  Kita buat sampai 4 folder yang terdiri dari prefab, scene , script, dan sprite. Scene sebagai tempat adegan, dan script sebagai tempat koding, sedangkan prefab kalau menurut admin sebagai tempat clone nya object nya nanti.
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula

1.     6,  Tahap selanjut nya silahkan kalian buka folder sprit >> cari gambar burung / flappy nya dan anda klik sampai muncul keterangan dipojok kanan >> kemudian lihat pada pojok kanan dan silahkan kalian sprite editor, jangan lupa untuk mengubah sprite mode menjadi multiply >> slice akan muncul keterangan>> silahkan kalian slice kembali >> terakhir kalian apply dan keluar

1.   7,    Drag and drog gambar ke hierarchy sebelum itu kita ukuran layar menjadi 800 x 600. Dan kita order layer menjadi 1.
Ket : 1. Itu fungsi nya untuk menggeserkan layar
2. itu fungsi nya untuk menggeserkan object
3. itu fungsi nya untuk merotasi object
4. itu fungsi nya untuk memperbesar object

5. itu fungsi nya untuk memperbesarkan object juga 
1.      8, Okay, kita susun background nya. Masukan pipa yang sebelum nya sudah di sprite editor yang dilakukan sama seperti si flappy nya. Kita drag and drog satu persatu pipa ke hierarchy, kita disini akan buat game object yang kosong. Cara nya game object >> create empty.
1.      9,  Game object yang kosong tadi akan kita jadikan parent. Select object pipa yang ada dihierarchy kemudian kita pindahkan kedalam game object yang kosong tadi. Lihat pada sisi pojok kanan yang saya beri tanda silahkan kalian hapus dan ganti menjadi pipa.
1.      10,  Select kembali pipa nya bukan parent nya ya, bisa bedain mana parent mana bukan kan??? Kalau masih belum mudeng sampai disini silahkan tanya dikolom komentar.
Sesudah kita select kita lihat ke pojok kanan, kita add component  dan tambahkan polygon collider 2D dan Rigidbody 2D dengan is kinematic dicentang.
Lakukan hal yang sama pada pipa satu nya.
1.       11, Selanjut nya tahap pemasukan script, yang mau download script ada dibawah nanti. Nah pada parent pipa kita select atau diklik aja biar muncul keterangan dipojok kanan, tambahkan component rigidbody 2d dengan is kinematic dicentang, jangan lupa kita masukan script nya dengan drag and drog script ke pojok kanan. Bisa juga kita drag and drog script dan kita letakan pada object nya langsung.
1.      12,  Tokoh utama nya si flappy kita beri script juga, klik dulu flappy nya pada hierarchy sampai muncul keterangan dipojok kanan , kemudian tambahkan rigidbody 2D kembali namun dengan is kinematik nya tidak perlu dicentang, tambahkan circle collider 2D dan masukan script flappy.

1.    13,   Buat kembali game object kosong tetapi ini bukan sebagai parent, okay kita masukan script generate seperti pada gambar. Tidak perlu menambahkan component lagi.
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula

1.     14,  Asset >> folder prefab >> klik kanan create >> prefab
Lihat pada gambar >> kita drag and drog parent pipa ke prefab yang telah kita buat tadi.
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula
1.      15,  Mau selesai nih sobat blogger J select generate yang ada di hierarchy sampai muncul keterangan lalu kita drag and drog prefab yang telah kita buat ke script yang admin tandai, pada hierarchy pipa parent akan berubah warna menjadi biru.
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula
1  16 Admin lupa pas bikin tutorial :v okay lah geser parent pipa sampai keluar dari kamera kemudian drag and drog keprefab kita tindih prefab sebelum nya masukan kembali ke generate pipe.. 
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula
  17,    Terakhir… jengg..jenggg 
Silahkan kalian hapus pipa parent nya pada hierarchy dan masukan sprite jalan agar lebih indah dipandang dan lihat seperti yang admin beri tanda.. admin males nerangin nya kan pasti sudah pada mudeng ya kan :v pada position itu z itu -0.18 ya :v silahkan kalian play J
Pembuatan Game FlappyBird Pada Unity3D Untuk Pemula
Tutorial selanjut nya kita bikin score nya saya update besok senin sore J
Terima Kasih…
                                                Semoga Bermanfaat


tutorial dalam bentuk ms word download disini
sprite                                         download disini
script                                       download disini

Post a Comment

  1. Haha.. gak nyangka flappy bird bisa dibuat sendiri :D

    ReplyDelete
  2. dikiranya gampang tpi ribet juga ya buatnya tpi klo nerapin tips dari artikel ini keliatannya gampang tq gan

    ReplyDelete
  3. Bukan anak IT, jadi agak susah mahaminnya gan..
    Hehee.. tau make doang sih ane

    ReplyDelete
  4. Harus dibikin lewat komputerkah? Mslhnya gapunya komputer.. Hikss

    ReplyDelete
  5. Harus dibikin lewat komputerkah? Mslhnya gapunya komputer.. Hikss

    ReplyDelete

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top