-->

5
Komponen Multimedia Dan Macam Software Pengolah Multimedia
Komponen Multimedia Dan Macam Software Pengolah Multimedia

Komponen multimedia dibagi menjadi 5, dan setiap komponen tersebut mempunyai software sebagai pengolah multimedia.
1.Gambar (grafik)
   Grafik atau gambar merupakan wadah atau sarana pembentukan yang lebih mudah untuk dipahami oleh pengguna. Gambar juga menjadi salah satu komponen yang penting di dalam multimedia karena bisa meringkas serta menyajikan data kompleks, serta mampu dalam menyampaikan banyak kata sekaligus. Softwarenya seperti :
a.AdobePhotoshop
     Adobe Photoshop adalah software pengolah gambar / foto yang sangat lengkap dengan segala fasilitasnya. Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5.
b.CorelDraw
    CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll. Untuk flat design juga.
Baca juga : Flat design Vs Realism Design
c.Corel Photo Paint
    Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

2.Animasi
  Animasi adalah kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian serta berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan dari animasi akan lebih mudah untuk dimengerti daripada objek atau gambar yang bersifat diam saja. Sementara itu, animasi akan lebih menarik dan mudah dimengerti/mudah dipahami dibandingkan dengan hanya sekadar gambar. Softwarenya seperti :
a.Adobe flash Profesonal
   Sofwere ini berfungsi untuk membuat konten yang interaktif. Untuk membuat animasi berbasis 2Dimensi.
b.Autodesk 3ds Max
   Bila adobe flash profesonal digunakan untuk animasi 2D, berbeda dengan autodesk 3ds max yang berbasis 3D.

3.Audio
  Teknologi dengan mode audio ini juga tidak kalah penting, karena audio memiliki peranan yang penting dalam penyampaian suatu bentuk informasi. Hal ini bukan tanpa alasan, jika tanpa audio di dalam sebuah multimedia, maka hasilnya tidak lengkap atau ada suatu hal yang kurang di dalam multimedia tersebut. Suara atau audio di dalam multimedia bisa berupa musik, suara yang dihasilkan dari voice record, efek-efek suara lain, dan masih banyak lagi penyajian konten maupun informasi dengan bentuk suara yang lainnya. Softwarenya seperti :
a.Adobe audition
   Untuk membantu membuat video dan audio. Untuk software ini admin belum belajar dan belum diajarkan :v

4.Text
  Salah satu elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar dari multimedia itu sendiri menggunakan teks, karena dengan teks menjadi lebih efektif guna menyampaikan ide serta panduan kepada para penggunanya. Softwarenya seperti :
a.Microsoft Word
b.Microsot PowerPoint
   Mengolah teks kedalam bentuk presentasi.

5.Video
  Video merupakan gambar-gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia ini memiliki tujuan guna membuat tampilan yang dihasilkan dan disajikan dengan lebih menarik. Softwarenya seperti :
a.Adobe premire pro
   sofware ini mempunyai kelebihan untuk mengedit video dengan format yang tinggi.
b.Corel videostudio
  Mengubah dan mengedit video.



Post a Comment

gunakan bahasa yang sopan, komentar yang bersifat spam akan terhapus..

 
Top